Profil Singkat Gibran Rakabuming Raka

Perjalanan Bisnis Gibran Rakabuming, dari Katering, Martabak hingga yang  "Masih Rahasia" Halaman all - Kompas.com

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, secara resmi diumumkan sebagai bakal calon presiden (bacawapres) yang akan mendampingi bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto, pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Keputusan ini menjadikan Gibran sebagai sorotan utama dalam peta politik Indonesia. Dengan usianya yang baru menginjak 36 tahun, putra sulung Presiden Joko Widodo ini telah mencatatkan namanya sebagai cawapres termuda dalam sejarah Indonesia, melampaui rekor sebelumnya yang dipegang Sandiaga Uno yang mencalonkan diri sebagai cawapres pada usia 49 tahun 2019 lalu.

Untuk informasi selengkapnya, berikut ini profil singkat tentang Gibran Rakabuming Raka yang menarik diketahui :

  1. Biodata

Nama Lengkap : Gibran Rakabuming Raka

Nama Panggilan : Gibran atau Mas Gibran

Tempat dan Tanggal Lahir : Surakarta, 1 Oktober 1987

Agama : Islam

Zodiak : Libra

Pasangan : Selvi Ananda

Nama Anak : Jan Ethes Srinrendra dan La Lembah Manah

Nama Ayah : Joko Widodo

Nama Ibu : Iriana

Saudara : Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep

Pendidikan : Insearch di University, of Technology Sydney Insearch, Sydney, Australia (2010)

Instagram : @gibran_rakabuming

Twitter : @gibran_tweet

  1. Riwayat Pendidikan

Gibran Rakabuming Raka telah menetap di Solo Jawa Tengah sejak kecil. Ia menempuh pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Mangkubumen Kidul. Kemudian, Gibran melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta. Namun, langkah pendidikan pria kelahiran tahun 1987 ini tak berhenti di tanah air saja.

Gibran melanjutkan pendidikan SMA-nya di Orchid Park Secondary School, Singapura. Sekolah menengah ini terkenal sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam bidang seni visual, pertunjukan, dan kepemimpinan pemuda di masyarakat.

Usai menyelesaikan pendidikan menengahnya, Gibran melanjutkan pendidikan tingginya di Management Development Institute of Singapore (MDIS) pada tahun 2004 dan kemudian lulus tahun 2007.

Setelah itu, Gibran melanjutkan pendidikannya ke program Insearch di University of Technology, Sydney, Australia, dan berhasil meraih gelar pada tahun 2010.

  1. Jejak Bisnis Dan Kreativitas

Usai menyelesaikan pendidikan tingginya, pria kelahiran Surakarta ini kembali ke tanah air dan mengukir namanya dalam dunia bisnis. Bisnis yang digelutinya sebagian besar berfokus pada bidang makanan dan minuman (FnB). Usaha kulinernya ini selain mengukuhkan namanya di dunia bisnis, namun juga mendapat kolaborasi dengan adiknya, Kaesang Pangarep.

Salah satu bisnisnya yang paling mencuat yaitu bernama Markobar, sebuah waralaba kuliner yang dikenal dengan aneka varian martabak. Markobar saat ini memiliki 11 cabang yang tersebar di Solo, Bandung, Surabaya, Semarang, Makassar, dan DKI Jakarta.

Dengan kombinasi pengalaman politik, pendidikan di luar negeri, dan kesuksesannya dalam dunia bisnis, Gibran hadir sebagai figure yang menarik perhatian publik. Sebagai cawapres termuda pilpres 2024, langkah – langkah dan pencapaiannya menciptakan dinamika baru dalam politik Indonesia, serta menggambarkan kepemimpinan muda dan kreativitas bisnis yang menginspirasi.

  1. Awal Perjalanan Karir Sebagai Walikota Surakarta atau Solo

Setelah ditetapkan secara resmi pada 26 Februari 2021, Gibran Rakabuming Raka menjabat sebagai Wali Kota Surakarta untuk masa jabatan 2021-2026. Pada saat itu, Gibran masih berusia 33 tahun dan menjadi wali kota termuda yang pernah memimpin Kota Surakarta.

  1. Menjadi Wapres Pilpres 2024

Saat ini, Gibran Rakabuming Raka telah menempatkan dirinya sebagai Wapres berpasangan dengan Prabowo Subianto yang menjadi presiden dalam Pilpres 2024.